Cabor Baru Petanque Gelar Muscab, Deni Mudian Pimpin FOPI Subang

November 13, 2020 574

ADVERTISEMENT

KONISPORT.com - Cabang Olahraga (Cabor) Petangue mengelar Musyawarah Cabang (Muscab) di Kota Subang untuk membentuk kepengurusan baru kabupaten Subang, hasil Muscab Deni Mudian terpilih menjadi ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Subang, Jum'at (13/11/20).

Disaksikan oleh anggota FOPI terpilih dan Pengurus Bidang Bimbingan Prestasi (Bimpres) dan Bidang Organisasi KONI Kabupaten Subang, penyerahan bendera KONI kepada Ketua terpilih berlangsung hikmat.

"Masuknya Cabor Petanque adalah sejarah baru di kabupaten Subang, tetapi juga sebagai tantangan buat kami pengurus kabupaten yang baru terbentuk bagaimana cabor Petanque bisa dikenal masyarakat umum khususnya di Kabupaten Subang," Kata Deni Mudian Ketua FOPI terpilih hasil muscab.

Untuk itu, Pengcab FOPI Subang akan membuat strategi dan langkah-langkah dalam mensosialisasikan. "Sekaligus kita mencari peluang prestasi meraih medali emas di Porprov 2022 nanti," Ujar Deni Mudian.

Setelah selesaikan Muscab, Pengcab FOPI Subang akan segera menyelesaikan semua tahapan administrasi dan kelengkapan SK, agar legalitas sah dimata hukum dan masuk kedalam keanggotaan KONI Kabupaten Subang.

ADVERTISEMENT

Sejarah Petanque

Petanque (diucapkan dalam bahasa Prancis pay/tah~k atau petong) awalnya merupakan permainan tradisional asal negara Prancis yang merupakan pengembangan dari permainan zaman Yunani Kuno sekira abad ke-6 SM.

Baru pada tahun 2011 ketika Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games ke-26 di Jakarta – Palembang, petanque menjadi olahraga wajib. Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan melalui KONI Provinsi Sumatra Selatan, menunjuk Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi untuk mengrmban amanah yang diberikan untuk membentuk wadah olahraga ini sekaligus mencari calon calon atlet untuk SEA GAMES 2011 di Palembang.

Maka Perusahaan Daerah Pertambangan Dan Energi atau dikenal dengan sebut PDPDE membentuk Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) pada tanggal 11 Maret 2011 dan membiayai kegiatan kegiatan FOPI untuk SEA GAMES 2011.

Hasil SEA Games XXVI/2011 di Palembang tersebut maka berdiri lah pada Lapangan petanque berstandar internasional di area Jakabaring Sport City Palembang dengan kekuatan 9 lane pertandingan dan 22 lane latihan dilengkapi dengan stadium penonton dan lampu penerangan disekeliling lapangan.(har)

ADVERTISEMENT

Update Terbaru

© 2020 KONI SPORT Kabupaten Subang | All Right Reserved.